Skip to main content
Fabregas Memberi Kontribusi Besar Bagi 3 Klub Yang Pernah Ia Bela

Fabregas Memberi Kontribusi Besar Bagi 3 Klub Yang Pernah Ia Bela

powermadness.com – Cesc Fabregas mungkin merupakan salah satu pemain sepakbola tersukses di era ini meski tidak pernah terlihat memiliki peran spektakuler di sebuah tim. Fabregas yang kini berumur 30 tahun telah menjalani karir yang sebenarnya luar biasa di 3 klub besar; ia juga telah mencatat 110 caps bersama tim nasional Spanyol dan memenangkan 3 gelar turnamen internasional. Fabregas merupakan pemain Spanyol yang mencetak 2 gol kemenangan pada adu penalti di 2 turnamen Piala Eropa pada tahun 2008 dan 2012. Fabregas juga merupakan pemain yang memberi assist bagi gol Andres Iniesta yang membawa Spanyol menjadi juara Piala Dunia 2010.

 

Fabregas datang ke Arsenal di usia 16 tahun setelah dibeli dari Barcelona; ia menjalani debut bersama Arsenal pada laga Charity Shield tahun 2004 dengan mengalahkan Manchester United. Fabregas disebut – sebut menjadi sosok pemain yang mampu membawa ide sepakbola sempurna seorang Arsene Wenger ke lapangan hijau. Fabregas telah mencatat 70 assist di Liga Primer Inggris selama 7 musim membela Arsenal. Sayang sang pemain memutuskan untuk kembali ke Barcelona meski memperlihatkan performa sangat baik di musim terakhirnya bersama Arsenal di tahun 2011. Sayang kepulangan Fabregas di Barcelona tidak berbuah manis bagi sang pemain karena kesulitan bersaing dengan Xavi Hernandez, Andres Iniesta dan Sergio Busquets. Meski pihak Barcelona menyebut keputusan menjual Fabregas karena kontribusi yang terus menurun; peman tersebut sukses mencatat 42 gol dari 151 pertandingan yang dijalani dan sempat memenangkan 6 tropi selama 3 musim membela La Blaugrana.

 

Chelsea menjadi pilihan Fabregas ketika kembali ke Inggris meski banyak suporter Arsenal sangat berharap ia kembali ke klub yang membesarkannya. Manajer Jose Mourinho menyebut Fabregas dapat menjadi pemain yang memberi dimensi lain bagi permainan Chelsea. Hal itu terbukti dari kontribusi Fabregas sebagai elemen kreatif Chelsea yang sukses menjadi juara Liga Primer Inggris 2 kali dalam 3 musim. Fabregas mencatat rekor 18 assist di musim 2014/15 saat membawa Chelsea menjadi juara Liga Primer Inggris. Musim ini Fabregas hanya bermain 10 kali sebagai starter; namun tetap menjadi pembuat assist terbanyak Chelsea di angka 9. Kini Fabregas merupakan pemain di peringkat kedua sebagai pembuat assist terbanyak di Liga Primer Inggris di bawah seorang Ryan Giggs.